Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Jingling Pada Blog Dengan Mudah, Paling Efektif!

Cara mengatasi jingling pada blog

Cara mengatasi jingling atau auto visitor pada blog, Sebagai seorang blogger, anda mungkin akan merasa sangat jengkel ketika mendapati hal ini. Serangan jingling memang membuat website anda seolah-olah memiliki banyak visitor, namun visitor itu hanyalah bot dari 1 IP address. 

Biasanya, tindakan ini dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab demi merusak kualitas, kredibilitas, dan membuat ranking halaman website tersebut menurun drastis di SERP. 

Hal ini tentunya akan sangat merugikan si pemilik website, termasuk admin yang pernah mengalami insiden ini. Bahayanya lagi, akun adsense anda berpotensi dibanned karena mengalami invalid click.

Perlu anda ketahui, situs-situs jingling kini sudah banyak bertebaran di internet, namun cara mengatasi jingling pada blog juga ampuh mengatasi nya. Dulunya, situs-situs seperti ini digunakan untuk meningkatkan ranking Alexa, namun sekarang disalah gunakan untuk menyerang situs-situs incarannya. 

Sebelum itu, ketahui dulu apa itu jingling auto visitor dan penyebab blog anda terkena serangan setan internet ini. 

Apa Itu Jingling (Auto Visitor)? 

Jingling atau auto visitor merupakan visitor bot yang mengunjungi sebuah situs sehingga visitor situs tersebut meningkat drastis. Biasanya, bot-bot ini berasal dari satu IP address yang berasal dari luar negeri. 

Jadi, apabila anda mendapati pengunjung blog anda kebanyakan dari luar negeri padahal artikel nya berbahasa Indonesia, anda patut mengatasi jingling pada blog anda dengan membaca artikel ini sampai selesai. 

Umumnya jingling berasal dari sebuah situs yang dapat mengirim ribuan bahkan puluhan ribu bot dalam beberapa menit ke sebuah website. Namun, juga terdapat beberapa situs jingling yang memiliki kualitas rendah, artinya proses pengiriman visitor nya sangat lambat dan rawan dibanned oleh Google. 

Penyebab Website Terkena Serangan Jingling

Pernahkah anda membagikan link website atau artikel blog anda ke grup-grup blogger? Mungkin hal ini menjadi penyebab utamanya. Membagikan artikel ke sembarangan grup blogger ternyata membuat blog anda semakin terancam dengan software jingling. 

Pasalnya, dari ribuan anggota grup tersebut mungkin akan ada yang merasa iri dengan kualitas website dan artikel anda. Setelah itu, ia akan melakukan serangan jingling demi merusak kualitas blog anda. 

Oleh karena itu, ketika anda telah menyadari dan mendapati hal ini, anda harus mengatasi jingling pada blog anda secepatnya.

Selain itu, serangan jingling juga bisa muncul dari saingan-saingan blog anda di hasil pencarian Google (SERP). Mereka yang ingin menurunkan rank blog anda di SERP, tentunya tidak ada cara lain selain mencoba opsi jingling ini. Hal ini tentunya akan memunculkan dampak-dampak negatif bagi blog anda, apa sajakah itu?.

Dampak Negatif Serangan Jingling Terhadap Blog

Ada banyak dampak negatif dari serangan jingling yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tak bertanggungjawab, beberapa diantaranya adalah: 

1. Turunnya Peringkat Website di Hasil Penelusuran

Banyak nya visitor organik tentunya akan mendongkrak website anda muncul di peringkat lebih atas dari sebelumnya. Namun sebaliknya jika website anda mendapatkan banyak visitor bot, baik berasal dari satu IP address maupun tidak, hal ini akan sangat berdampak negatif. Yaitu turunnya peringkat website anda di SERP atau hasil penelusuran karena teridentifikasi sebagai website SPAM. 

2. Rawan Banned Akun Adsense

Banyaknya visitor bot ternyata dapat membuat akun dibanned Google Adsense, inilah mengapa mengatasi jingling pada blog mesti anda lakukan sedini mungkin. 

Visitor bot akan menyebabkan akun adsense anda terkena invalid click, apalagi dalam jumlah banyak. Dan hal ini akan membuat website anda rawan dibanned oleh Google Adsense. 

Selain dua dampak negatif tersebut, juga terdapat dampak negatif lainnya seperti blog masuk ke Google sandbox dan menurunnya rank Alexa karena terindikasi SPAM. Berikut cara mengatasi jingling pada blog, simak dengan seksama agar anda berhasil menerapkannya. 

Cara Mengatasi Jingling Pada Blog

Berikut beberapa metode untuk mencekal dan mengatasi auto visitor pada blog anda dengan mudah, Simak selengkapnya. 

1. Jangan Share Link Sembarangan

Langkah pertama yang mesti anda lakukan ialah berhenti membagikan link artikel maupun website anda ke sembarangan grup-grup blogger. Seperti yang telah admin jelaskan diatas, membagikan link ke sembarangan grup blogger akan memberi dampak negatif yang cukup besar. Selain itu, anda juga harus selektif ketika memilih grup untuk membagikan link artikel atau website. 

Saran admin, bagikan ke grup blogger yang tidak terlalu banyak memiliki anggota seperti grup blogger yang berbasis WhatsApp. Supaya lebih terjamin untuk terhindar dari serangan jingling, prioritaskan visitor dari mesin pencari walaupun website anda memiliki saingan yang cukup ketat. Jangan lupa tanamkan mindset bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. 

2.. Jangan Share Link ke Orang Yang Tak di Kenal

Biasanya, para blogger saling melakukan blog walking dan berkomentar pada website yang dikunjunginya. Namun, bukan berprasangka buruk, anda juga harus tetap hati-hati terhadap orang yang meminta untuk melakukan blog walking. Karena ini untuk mengatasi jingling pada blog, anda mesti menolaknya. 

Tapi, tidak semua blogger yang ingin melakukan blog walking berniat untuk membombardir sebuah website menggunakan serangan jingling. Ingat, ini hanyalah sebuah kewaspadaan untuk mencegah website anda dari serangan jingling. Jadi, anda harus mengatasi dan mencegah jingling pada blog anda dengan menerapkan cara ini. 

3. Menggunakan Kode Pemblokiran Robots. Txt

Cara mengatasi jingling pada blog selanjutnya ialah dengan menggunakan kode pemblokiran robots. txt. Peletakan kode ini akan membuat blog anda hanya dapat diakses oleh bot yang berasal dari Google, bot yang berasal dari website atau software lain nantinya akan dicekal. 

Pada CMS blogspot, memasang kode robots txt ini sangat mudah dilakukan, bagaimana caranya? Mari simak langkah-langkah nya. 

  • ‌Login ke akun blogger anda.
  • ‌Pilih menu setelan/settings.
  • ‌Scrool ke bawah hingga anda menemukan menu Crawler dan Pengindeksan.
    Cara mengatasi jingling pada blog
  • ‌Lalu aktifkan robots.txt custom, dan klik robots.txt custom, setelah itu masukkan kode berikut: 
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: https://www.banghabibi.com/sitemap.xml

Ganti banghabibi.com dengan alamat blog anda sendiri, setelah itu klik simpan. Hingga beberapa hari atau Minggu kedepannya in syaa Allah anda akan melihat hasil yang bagus. 

4. Batasi Akses Pembaca

Ketika anda menemukan blog anda terkena serangan jingling, anda harus mengatasi nya dengan menerapkan cara satu ini. Mengatasi jingling pada blog dengan membatasi akses pembaca ternyata sangat ampuh dalam mengurangi visitor bot atau jingling. 

Ada 3 pilihan akses pembaca dalam CMS blogspot, yaitu umum, khusus untuk penulis, dan pembaca khusus. 

Pilihan pertama yaitu umum, ini berarti semua orang bisa membaca artikel anda dan akan sangat mudah terkena serangan jingling. Yang kedua ialah khusus untuk penulis, ini berarti hanya anda yang dapat membaca artikel pada blog anda sendiri. 

Yang terakhir ialah pembaca khusus, opsi yang terakhir ini berarti hanya pembaca yang anda undang yang dapat membaca seluruh artikel pada blog anda. 

Namun ingat, terapkan cara ini untuk sementara waktu ketika anda mendapati blog anda terkena jingling. Setelah beberapa hari, aktifkan kembali akses pembaca ke umum supaya visitor yang berasal dari mesin pencari dapat membaca artikel anda. 

5. Memblokir Situs Sumber Traffic Jingling Auto Visitor

Sering kali serangan jingling dilakukan dengan memanfaatkan sebuah website yang terkhusus untuk melakukan jingling. Seseorang hanya perlu memasukkan alamat web yang ia incar dan memilih berapa visitor bot yang akan dikirimkan dengan amat mudah. 

Beberapa website yang mengirim traffic jingling ini perlu anda blokir supaya visitor bot yang berasal dari situs ini dan sejenisnya tidak dapat mengakses blog anda. Bagaimana cara mengatasi jingling pada blog dengan memblokir situs sumber traffic jingling? Mari simak langkah-langkah nya. 

  • ‌Login ke akun blogger anda. 
  • ‌Klik menu tema, lalu pilih opsi edit html. 
  • ‌Copy dan paste kode berikut dibawah kode <head>. 

<script type='text / javascript'>

var block = ['http://sumberjingling1.com','http://sumberjingling2.com','http:/sumberjingling3.com'];

for (var b = block.length; b–;) {

if (document.referrer.match (block [b]))

window.location = &quot;http://google.com/&quot;;

}

</script>

Ganti sumberjingling1.com, sumberjingling2.com, dan sumberjingling3.com dengan alamat situs yang mengirim visitor bot ke blog anda. Lalu klik simpan tema. 

6. Menggunakan Cloudflare

Selain digunakan untuk mempercepat website, Cloudflare juga bisa mengamankan website anda dari serangan jingling. Cloudflare nantinya akan menyaring IP address yang mengakses website anda dan memblokir akses terhadap IP address yang berpotensi SPAM. 

Mencekal jingling menggunakan Cloudflare sangat mudah dilakukan, namun sebelum itu blog anda harus terhubung dengan Cloudflare. Jika belum, anda bisa membaca artikel cara menghubungkan blog ke Cloudflare

Setelah terhubung, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi jingling pada blog menggunakan Cloudflare. 

  • ‌Login ke akun Cloudflare anda. 
  • ‌Klik website yang ingin anda cekal traffic jingling nya. 

Cara mengatasi jingling pada blog

  • Lalu klik menu navigasi dan pilih menu Firewall, akan muncul beberapa sub menu, pilih yang Bots. 
    Cara mengatasi jingling pada blog

  • ‌Lalu aktifkan Bot Fight Mode. 
    Cara mengatasi jingling pada blog

Akhir Kata 

Itulah beberapa cara mengatasi jingling pada blog, jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran, anda bisa menyampaikan nya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Selamat mencoba.