Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12+ Cara Optimasi SEO On Page Pada Website dan Blog Dengan Mudah

Optimasi SEO on page

Cara optimasi SEO on page pada website dan blog ternyata dapat anda praktekan dengan mudah. Siapa sih blogger atau webmaster yang tidak menginginkan website nya terpampang di peringkat pertama Google. Hal ini tentunya akan menambah visitor organik dan menghasilkan income yang begitu besar asalkan keyword nya memiliki nilai cpc tinggi. 

Selain itu, berada di peringkat satu akan membuat Website dan blog anda lebih populer dan meningkatkan visitor loyal. Namun, hal ini keseringan terjadi pada website yang memiliki Niche khusus. 

Tapi, untuk berada di peringkat pertama hasil pencarian Google, anda harus mengikuti cara optimasi SEO on page pada artikel ini supaya kualitas SEO on page website anda semakin bagus. Selain itu, website anda akan mudah menaiki peringkat demi peringkat karena memiliki kualitas SEO on page yang baik. 

Tak hanya itu, jika website anda memiliki kualitas SEO on page yang bagus, tentunya tidak akan mudah tersingkir dari halaman pertama Google. Mari ketahui dahulu apa itu SEO on page sebelum anda mempraktikkan metode optimasi SEO on page dibawah. 

Apa Itu SEO On Page?

SEO on page merupakan tindakan optimasi pada konten yang sudah dan akan dipublikasikan. Sederhana nya, SEO on page merupakan optimasi artikel agar memiliki kualitas yang baik, mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung. 

Saat ini, banyak terdapat langkah-langkah optimasi SEO on yang dapat anda praktikkan supaya konten anda mempunyai nilai kualitas yang baik. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya. 

13 Cara Optimasi SEO On Page Pada Website dan Blog Dengan Mudah

Berikut beberapa langkah-langkah nya yang dapat anda praktekkan. Pastikan anda membacanya dengan seksama supaya lancar dalam pengaplikasian nya. 

1. Gunakan Nama Domain Yang Unik, Pendek, dan Menarik

Jika anda seorang visitor, apakah anda akan mengetik nama domain sebuah website yang memiliki banyak karakter huruf dan angkanya? Mungkin banyak dari anda akan menjawab 'Tidak'. Alasannya tentu jelas, bagaimana mungkin muncul visitor loyal jika nama domainnya saja sudah ribet untuk diketik dan dibaca. Oleh karena itu, anda bisa melakukan optimasi SEO on page nya dengan menggunakan nama domain yang unik, pendek, dan menarik. 

Jika mungkin, anda bisa menambah kata kunci pada nama domain anda. Misalnya website anda membahas tentang kucing, maka gunakan domain yang mengandung kata 'kucing' seperti kucing.com, dan sejenisnya. 

Namun, jika sudah tidak tersedia nama domain seperti ini, anda bisa menggunakan nama domain yang mempunyai kriteria unik, pendek, dan, menarik. Langkah optimasi SEO On Page ini terbukti menambah kekuatan website untuk memanjat ke peringkat pertama. 

2. Buat Judul dan Meta Deskripsi Semenarik Mungkin

Faktanya, kebanyakan visitor lebih tertarik dengan artikel yang mempunyai judul dan deskripsi yang menarik dan meyakinkan. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat judul dan meta deskripsi yang mengandung kata ajakan dan meyakinkan visitor bahwa artikel anda mempunyai jawabannya. Misalnya, anda menemukan 2 artikel dengan judul: 

  • ‌5 Langkah Membasmi Cicak Dari Rumah Dengan Mudah.
  • ‌Cara Membasmi Cicak Dari Rumah

Dari kedua judul diatas, mana menurut anda yang lebih menarik?. Tentunya judul 1, karena judul 1 mengandung kata-kata yang lebih meyakinkan dan menarik seperti 'Dengan Mudah'. 

Selain itu, anda juga harus memperhatikan penggunaan jumlah kata pada judul. Jangan sampai inti kalimat pada judul terpotong karena memiliki jumlah kata yang terlalu panjang. 

Melakukan optimasi SEO on page tak hanya membuat judul dan deskripsi semenarik mungkin, anda harus meyakinkan visitor dengan menambahkan rating bintang palsu. Walaupun fake, ternyata hal ini dapat mendorong visitor untuk mengklik artikel anda. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan tanda centang (√) otomatis pada setiap judul artikel, karena hal ini mempunyai nilai keunikan tersendiri. 

3. Gunakan Permalink Yang Sederhana dan Jelas

Permalink yang sederhana dan jelas akan lebih SEO friendly dan membuat mesin pencari mudah memahami serta mengindentifikasi halaman website anda. Hal ini menjadi salah satu tolak ukur kualitas SEO on page sebuah website. Sering kali, blogger pemula tidak mengetahui cara mengkostumisasi permalink dan membuat sistem CMS yang menentukan permalink secara otomatis, hal ini tentunya sangat merugikan. 

Apalagi artikel tersebut sudah terindeks, maka anda harus melakukan deindeks dan membatalkan publikasi untuk mengatur permalink kembali. 

Oleh karena itu, optimasi SEO on page dapat anda lakukan mulai dari sekarang ialah dengan membuat permalink yang sederhana dan jelas. Misalnya anda mempunyai sebuah artikel yang berjudul '15 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah, '. Maka anda bisa membuat permalink sederhana dan jelas seperti cara-mengatasi-hidung-tersumbat

Usahakan untuk tidak membuat permalink yang terlalu panjang seperti 15-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-dengan-mudah

4. Kata Kunci (Keyword)

Optimasi SEO on page selanjutnya ialah dengan memerhatikan keyword. Keyword atau kata kunci juga berkaitan dengan Niche blog. Website atau blog yang hanya membahas satu Niche akan mudah menaiki peringkat satu dan mendapatkan visitor loyal. 

Kebalikan nya, website yang membahas tentang berbagai hal atau yang sering disebut dengan 'Blog Gado-gado' mengharuskan pemilik nya untuk bekerja keras dalam membangun pondasi awal untuk website nya. Namun, bukan tidak mungkin blog gado-gado akan berkembang layaknya blog berniche satu. 

Selain itu, optimasi SEO on page pada kata kunci juga mengharuskan Anda untuk memerhatikan jumlah keyword atau keyword density dalam sebuah halaman atau artikel. 

Jangan sampai anda melakukan keyword stuffing yang membuat pembaca tidak nyaman. selain itu, website anda juga terancam masuk ke Google sandbox. Oleh karena itu, usahakan persentase kepadatan kata kunci dalam satu artikel itu antara 1% hingga 2%. 

Supaya Google dan pembaca mudah memahami isi konten Anda secara keseluruhan, anda bisa meletakkan kata kunci target di 100 kata pertama. Pastikan anda telah melakukan riset terlebih dahulu dan menggunakan kata kunci yang relevan dan tepat. 

5. Tambahkan Gambar dan Video

Artikel yang hanya mengandung Text panjang dan lebar tentunya sangat melelahkan dan menjenuhkan mata pembaca. Oleh karena itu, setidaknya tambahkan beberapa gambar dan video yang berkaitan dengan topik artikel. Selain itu, artikel yang mengandung video ternyata memiliki potensi lebih besar untuk berada di peringkat satu. 

Pastikan anda telah mengikuti langkah pada no 6 ketika hendak menambahkan gambar pada konten anda. Supaya loading website anda tidak berat, anda bisa menggunakan beberapa plugin seperti GZIP Compression dan script lazy load untuk video. 

Optimasi SEO on page ini juga bisa mendongkrak website anda untuk memperoleh traffic dan audiens dari sumber berbeda. 

6. Optimasi Gambar

Kecepatan sebuah website juga berkaitan dengan optimasi SEO on page. Kecepatan ini dipengaruhi oleh komponen-komponen yang terdapat pada website tersebut seperti html, javascript, CSS, dan gambar. 

Mungkin bagi anda yang menggunakan theme premium, anda tidak perlu melakukan optimasi pada HTML, javascript, maupun css. Namun, satu hal yang sangat penting yaitu optimasi gambar. 

Optimasi gambar meliputi kompres, dan memasukkan alternatif Text. Semakin kecil ukuran sebuah gambar, maka hal ini semakin bagus untuk kecepatan sebuah website. Alternatif Text juga harus anda masukkan supaya mesin pencari dapat lebih memahami konten Anda secara keseluruhan. 

Anda dapat mencoba aplikasi kompress foto online dan offline untuk mengecilkan ukuran gambar. Ukuran gambar yang disarankan yaitu kurang dari 100KB, hal ini tentunya mengurangi beban server dalam menampilkan halaman. Selain itu, anda juga dapat mengubah format gambar ke format yang direkomendasikan seperti PNG, JPG, JPEG, dan WEBP. 

Pada CMS wordpress, anda bisa klik pada gambar lalu pada bagian kanan masukkan alt Text sesuai keyword yang anda target. Untuk CMS blogspot, anda bisa klik gambar, lalu klik lambang gerigi pada bagian paling kanan, setelah itu anda bisa memasukkan alternatif Text sesuai focus keyword. 

7. Gunakan Heading Dan Subheading

Cara optimasi SEO on page selanjutnya ialah dengan memanfaatkan Heading dan Subheading pada konten anda. Penggunaan Heading dan Subheading bertujuan supaya struktur konten nampak jelas dan membuat pengunjung mudah memahami isi konten. 

Heading dan Subheading ini berfungsi memecah isi konten menjadi beberapa bagian, sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan pokok-pokok bahasan penting yang mereka butuhkan. 

Selain itu, dari sisi mesin pencari, penggunaan Heading dan Subheading bertujuan agar dapat membantu mesin pencari dalam melakukan crawl dan memahami isi sebuah konten. Tak hanya itu, konten anda juga akan terlihat rapi nan enak dipandang jika menggunakan Heading dan Subheading. 

Heading dan Subheading terdiri dari h1 hingga h6. Penggunaan h1 hingga h6 ini dapat anda tentukan sesuai dengan kebutuhan konten. H1 merupakan judul artikel, dulunya h1 hanya dapat digunakan sekali saja dalam sebuah artikel, yaitu pada judul. 

Namun, sekarang beberapa CMS seperti blogspot dan wordpress telah mengizinkan penggunanya untuk menggunakan h1 lebih dari sekali. 

8. Gunakan Tema Responsif dan SEO Friendly

Penggunaan tema website sangat erat kaitannya dengan kualitas SEO on page. Tema bisa diibaratkan sebagai rumah dari konten-konten yang harusnya berkualitas dan ramah pembaca. Selain itu, beberapa alat SEO Checker yang sering digunakan oleh praktisi SEO menilai kualitas SEO on page sebuah website sangat bergantung pada tema yang digunakan nya. 

Bisa dikatakan tema merupakan penilaian utama, mulai dari kecepatan hingga tingkat responsif nya. 

Oleh karena itu, optimasi SEO on page yang mesti anda lakukan ialah dengan menggunakan tema responsif, cepat, plus SEO friendly. Dewasa ini, sudah banyak tersebar berbagai tema website baik gratis maupun berbayar. 

Namun, jangan mengharap lebih dengan memakai tema website gratisan. Anda bisa membeli tema-tema berbayar yang tentunya fast loading, responsif, dan SEO Friendly. Keuntungan membeli tema berbayar juga banyak, beberapa developer memberikan update tema selama nya dengan percuma-cuma. 

Seperti yang telah anda ketahui, salah satu cara optimasi SEO on page ialah dengan menggunakan tema responsif. 

Responsif berarti tema tersebut kompatibel di berbagai perangkat, baik di perangkat desktop, mobile, maupun tablet. Namun, tidak semua tema WordPress maupun blogger itu responsif. Anda harus memilih dengan teliti dalam menentukan tema yang akan digunakan website anda. 

9. Sisipkan Internal dan Eksternal Link

Internal link adalah sebuah link yang mengarah pada konten lain tapi tetap website yang sama. sedangkan eksternal link merupakan link yang mengarah ke konten yang terdapat pada website lain. 

Tautan ini dapat memudahkan pembaca menemukan topik sekitar hal yang diperlukan nya. Selain itu, internal dan eksternal link bisa anda manfaatkan untuk merekomendasikan artikel lainnya ke pengunjung. Dengan ini, kemungkinan unique views website anda akan meningkat. 

Dari segi optimasi SEO on page, menambahkan internal maupun eksternal link dapat menambah kualitas SEO sebuah konten. Penambahan internal link akan menunjukkan pada Google bahwa anda mempunyai konten yang saling terhubung dan bermanfaat. 

Link eksternal juga dapat menambah kredibilitas atau tingkat kepercayaan sebuah website. Anda bisa menambah referensi konten-konten anda supaya pembaca akan lebih mudah percaya karena informasi tersebut berasal dari website yang berkualitas. 

Namun, biasanya link eksternal maupun internal yang mengarah ke konten atau website lain akan membuka halaman baru dan menyusahkan pembaca untuk kembali ke halaman atau konten sebelumnya. 

Hal ini patut anda perhatikan dengan mengatur link eksternal dan internal tetap menyimpan halaman sebelumnya walaupun pembaca sudah mengarah ke konten lain. 

Pada CMS blogspot, anda dapat mengaturnya dengan mengaktifkan fitur "Buka link ini di jendela baru." Optimasi SEO on page ini tentunya dapat menambah nilai SEO on page dan kualitas website anda. 

10. Atur Link Jadi Buka di Tab Baru

Ingin menambahkan pengalaman pengunjung? Mungkin mengatur link jadi buka di tab baru menjadi salah satu solusinya. Mengapa? Karena pembaca akan lebih mudah kembali ke konten pertama tanpa menekan tombol back. 

Sebaliknya, jika pada konten anda terdapat banyak link, pengunjung tentunya harus mengklik tombol back berulang kali untuk kembali ke konten pertama. Oleh karena itu, optimasi SEO on page dengB mengatur link menjadi terbuka di tab baru perlu anda lakukan. 

Di CMS wordpress,anda hanya perlu menekan link setting dan anda bisa dengan mudah mengatur link jadi buka di tab baru, aktifkan fitur open in new tab ini dengan mengklik switch button hingga aktif. Di CMS blogspot, anda bisa membuka pengaturan link lanjutan lalu mengaktifkan fitur Open in new tab.

11. Tambahkan Tombol Share ke Media Sosial

Walaupun penggunaan tombol share di website tidak sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO, tombol ini ternyata memiliki manfaat lainnya. Salah satunya ialah menambah traffic dan audiens baru dari berbagai platform. 

Biasanya, tombol share menyediakan berbagai platform seperti WhatsApp, pinterest, Facebook, LinkedIn, dll supaya pembaca dapat membagikan artikel yang sedang dibacanya jika dirasa bermanfaat. 

Apalagi netizen Indonesia yang sangat aktif di berbagai media sosial dan aktif melakukan sharing berbagai informasi. Hal ini tentunya dapat menambah traffic dan menghasilkan income baru. 

Optimasi SEO on page dengan menambahkan tombol share ke media sosial dapat anda lakukan dengan menambah plugin bagi pengguna wordpress. Bagi pengguna CMS blogspot, biasanya tombol ini telah disediakan oleh pembuat template. 

Dengan begitu, pembaca hanya perlu mengklik tombol share dan otomatis membagikan konten ke media sosial pilihannya. 

12. Gunakan LSI Keyword

Keyword stuffing sangat dilarang oleh Google. Jika melanggar, website anda bisa berpotensi terkena Google sandbox dan tentunya hal ini sangat merugikan. Oleh karena itu, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan LSI Keyword di konten maupun meta deskripsi. 

LSI Keyword adalah istilah yang secara konsep memiliki makna yang sama dengan keyword yang sedang anda pakai sebagai focus keyword. Misalnya anda memiliki konten yang focus keyword nya ialah sepatu, maka anda bisa menambahkan LSI Keyword seperti pesta, dress, maupun wanita. 

Selain itu, optimasi SEO on page dengan menggunakan LSI Keyword juga memungkinkan website anda memperoleh traffic dari berbeda kata kunci dari satu konten. Hal ini timbul karena penggunaan LSI Keyword, yang mana pembaca tidak hanya menggunakan satu kata kunci untuk mencari informasi di internet. 

Melainkan,juga terdapat berbagai variasi keyword lainnya tapi tetap memiliki makna yang sama. Beberapa tool untuk memeriksa LSI Keyword diantaranya ialah LSI Graph atau LSIKeyword. 

13. Perhatikan Panjang dan Kualitas Konten

Optimasi SEO on page selanjutnya ialah dengan membuat konten yang panjang tapi tetap memiliki kualitas dan tidak menjenuhkan mata pembaca. Bagaimana caranya? Anda bisa menambahkan beberapa gambar dan membuat banyak ruang yang tidak mengandung kata-kata. 

Hal ini supaya mata pembaca dapat beristirahat sesaat dan tidak mudah sakit mata. Selain itu, Konten yang panjang juga memiliki banyak kata kunci sehingga konten tersebut mudah menaiki peringkat pertama.  

Namun, juga terdapat beberapa jenis keyword yang tidak memerlukan penjelasan panjang dan lebar. oleh karena itu, anda harus menyesuaikan jumlah kata dengan kata kunci yang dibidik. Tak hanya itu, supaya konten anda mudah bersaing di hasil penelusuran, optimasi SEO on page yang juga mesti anda lakukan ialah dengan menganalisis jumlah kata kompetitor. 

Usahakan membuat konten yang memiliki jumlah kata lebih dari kompetitor Anda tapi tetap berkualitas, mudah dibaca dan dipahami. 

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara optimasi SEO on page yang dapat anda praktikkan dengan seksama. Jika anda memiliki kendala dalam proses optimasi, pertanyaan ataupun kritik, bisa langsung mengutarakannya lewat kolom komentar yang tersedia.