Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic (Lengkap)

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic

Berniat migrasi dari WordPress ke Blogger? Simak terus artikel ini karena kami menyajikan informasi yang tepat bagi anda.Memiliki website yang berada dibawah naungan CMS WordPress mempunyai berbagai kelebihan yang mendorong kredibilitas dan kualitas penyajian konten. 

Website anda akan terlihat lebih profesional dan menjanjikan bila mana menggunakan platform blogging WordPress. Hal ini dikarenakan CMS WordPress memiliki banyak tema dengan desain profesional dan bisa anda dapatkan secara berbayar maupun gratis. 

Berbeda dengan Blogger, CMS WordPress (wordpress.org) memungkinkan anda untuk menggunakan server sendiri dengan membeli hosting. Anda juga bisa mengelola keamanan website secara mandiri sehingga website bisa diproteksi dengan baik. Beberapa fitur unggulan lainnya juga bisa anda tambahkan dengan memanfaatkan fitur plugin. 

Namun, untuk mendapatkan berbagai kelebihan dari platform blogging ini, anda pastinya harus mengeluarkan kocek yang tak sedikit. Biaya-biaya yang harus anda bayar seperti sewa hosting, domain, dan plugin (opsional). Ditambah lagi biaya hosting yang kedepannya akan bertambah besar karena website harus menampung lebih banyak sumber daya. 

Cara Migrasi Dari Wordpress ke Blogger 

Bagi anda yang terkendala masalah biaya atau apapun itu, dan tidak ingin melanjutkan kegiatan blogging di WordPress, berikut telah kami sajikan langkah-langkah migrasi dari WordPress ke Blogger. 

1. Buat Situs di Blogger.com

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic
Blogger memungkinkan anda untuk membuat blog secara gratis, mudah, dan tidak memakan banyak waktu. Anda bisa mengakses alamat blogger.com dan klik tombol "Buat Blog", namun anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google. 

Setelah itu, masukkan beberapa informasi yang diperlukan seperti nama dan url blog

2. Backup Website WordPress Anda

Langkah migrasi dari WordPress ke Blogger selanjutnya adalah mencadangkan seluruh isi website yang meliputi postingan dan halaman. Hasil cadangan berupa file harus anda unduh lalu mengimpornya ke Blogger, berikut langkah-langkah nya.

  • ‌Login ke dashboard WordPress
  • ‌Pilih menu Tools > Export
  • ‌Di opsi 'Choose what to export', pilih All content 
  • ‌Terakhir, klik Download Export File

Pastikan untuk menyimpan file hasil backup di perangkat anda. Agar lebih aman, simpan juga file tersebut di Google Drive. 

Perlu diketahui, file hasil backup ini tidak menyertakan gambar yang terletak di postingan maupun di halaman. Mau tidak mau, anda harus mengunduhnya kembali lalu mengupload gambar tersebut di blog Blogger. Ini akan memakan waktu yang lama dan membosankan, hh. 

3. Konversi File Hasil Backup

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic

Teknik yang sangat sering digunakan saat melakukan proses migrasi dari WordPress ke Blogger ialah dengan mengimpor file backup ke CMS tujuan. 

Namun, anda tidak bisa langsung mengimpor file hasil backup tadi karena Blogger hanya mendukung file dengan format xml. Oleh karena itu, konversi file hasil backup website wordpress anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • ‌Akses halaman Konversi WordPress ke Blogger.
  • ‌Klik pilih file untuk meng-upload file hasil backup tadi.
  • ‌Setelah proses upload selesai, klik convert. Selanjutnya unduh hasil convert yang berupa file xml dan simpan di perangkat anda. 

4. Import File XML ke Blogger

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic
Sekarang, import file xml yang telah diunduh ke blog Blogger. Tahap-tahap melakukan nya pun sangat mudah, login ke dashboard Blogger > pilih menu Setelan > Scroll kebawah hingga anda menemukan opsi Kelola Blog, lalu pilih Impor Konten

Pilih file xml hasil convert dan tunggu sampai proses upload konten selesai. Kini seluruh isi website WordPress anda yang terdiri dari postingan dan halaman sudah berhasil di impor ke blog Blogger. Bagaimana? Mudah banget kan migrasi dari WordPress ke Blogger. 

5. Ubah Nameserver 

Ketika membuat website wordpress untuk pertama kali, tentunya anda harus menyewa domain dan hosting. Yang kemudian domain akan menggunakan nameserver hosting supaya domain tersebut bisa di hosting dan menyimpan sumberdaya website. 

Nah, ketika migrasi dari WordPress ke Blogger, anda tidak akan memerlukan hosting lagi karena website Blogger sudah di hosting oleh Google. Oleh karena itu, gunakan name server default agar domain bisa dihubungkan ke blog blogger dengan semestinya. 

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic

Harap diperhatikan, langkah Migrasi dari WordPress ke Blogger yang kelima hanya berlaku bagi anda yang ingin menggunakan domain di blog Blogger. 

Namun jika tidak, anda bisa menggunakan subdomain dari blogspot dengan akhiran . blogspot.com. Penting, simak cara membuat pengalihan khusus di Blogger berikut agar traffic website anda tidak hilang. 

Cara Membuat Pengalihan Khusus di Blogger 

Sampai disini, proses migrasi dari WordPress ke Blogger memang sudah selesai . Namun, anda masih memiliki resiko kehilangan traffic dari hasil penelusuran maupun sosial media. Mengapa hal ini terjadi? Rata-rata permalink website wordpress tidak menyertakan bulan dan tahun. 

Sedangkan permalink dari blog Blogger secara otomatis menyertakan bulan dan tahun. Oleh karena itu, anda harus membuat pengalihan khusus melalui setelan Blogger. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah yang tertera dibawah. 

  • ‌Login ke dashboard Blogger
  • ‌Masuk ke menu Setelan
  • ‌Scrool kebawah hingga anda menemukan menu Error dan Pengalihan, lalu pilih opsi Pengalihan Khusus
  • ‌Untuk membuat pengalihan khusus, klik Tambahkan
  • ‌Anda diharuskan mengisi permalink lama dan permalink baru, yang kemudian permalink lama ini akan dialihkan ke permalink baru. 

Contoh

  • ‌Permalink lama (WordPress): https://www.namadomain.com/membuat-blog
  • ‌Permalink baru (Blogger): https://www.namadomain.com/2022/04/membuat-blog.html

Maka cara pengisian permalink yang benar pada kolom pengalihan khusus adalah seperti berikut: 

Cara Migrasi Dari WordPress ke Blogger Tanpa Kehilangan Traffic

Ingat! Yang diisi pada kedua kolom pengalihan khusus hanya permalink setelah url website anda. Misalnya url artikel: 

  • https://www.namadomain.com/2022/04/membuat-blog.html 

maka yang diisi pada kolom pengalihan khusus hanya /2022/04/membuat-blog.html

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara migrasi dari WordPress ke Blogger. Sebenarnya, proses migrasi mudah dilakukan, namun ketika membuat pengalihan khusus akan terasa membosankan karena anda harus melakukannya satu-persatu. Semoga bermanfaat.


Referensi: 

  • http://www.15minutemondays.com/2015/01/26/moving-wordpress-blogger/