Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak 4 Tips Memilih Laptop Untuk Kerja Yang Tepat dan Berkualitas di Tahun 2022

Tips memilih laptop untuk kerja

Tips memilih laptop untuk kerja yang tepat harus anda ketahui jika hendak membeli laptop baru maupun bekas. Laptop memang sangat dibutuhkan untuk mendulang pekerjaan manusia. Mulai dari pekerjaan skala kecil seperti mengetik hingga skala besar seperti trading, semua ini bisa dilakukan melalui laptop atau komputer pribadi. 

Tak sedikit pula yang salah memilih laptop sehingga membuat pekerjaan menjadi terhambat. Hal ini dikarenakan kualitas laptop yang digunakan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Nah, Jika anda sedang mencari laptop untuk kerja yang tepat dan sesuai, pastikan anda membaca artikel ini sampai habis karena kami telah mengulas nya lebih dalam. 

Tips Memilih Laptop Untuk Kerja Yang Tepat

Mengenai hal ini, ada beberapa hal penting yang harus anda pertimbangkan yaitu anggaran, sistem operasi, desain, dan komponen penting lainnya seperti CPU. 

1. Tetapkan Anggaran Anda

Poin pertama cukup penting karena akan berdampak besar terhadap laptop yang akan didapatkan. Anda harus menetapkan anggaran yang akan digunakan guna memilih laptop untuk kerja yang tepat. Selain itu, penetapan anggaran sebelum berbelanja sangat disarankan karena kebanyakan orang akan mengeluarkan dana berlebihan jika tidak menerapkan hal ini. 

Memilih laptop terlebih untuk mendulang pekerjaan memang lumayan susah. Namun, hal ini akan hilang jika anda telah menetapkan anggaran yang akan digunakan. Harga laptop pun sangat bervariasi dan tentu kualitas nya beda-beda. Jika anda kebingungan memilih laptop untuk kerja yang harga dan kualitas nya seimbang, silahkan simak rincian anggaran berikut ini. 

  • ‌5 Juta Kebawah: dalam kisaran 5 juta kebawah, anda akan menemukan laptop Chromebook dan mesin windows. Kami tidak menyarankan penggunaan laptop ini bagi pebisnis, karena biasanya mempunyai kualitas build yang murah dan penyimpanannya terbatas. 
  • ‌5 hingga 10 juta: dalam kisaran 5 juta hingga 10 juta, anda akan menemukan laptop yang bisa dikatakan biasa-biasa saja. Jika anda pebisnis, kami menyarankan untuk membeli laptop chromebook pada kisaran harga ini. 
  • ‌10 hingga 15 juta: laptop dengan harga kisaran ini mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan pebisnis. Selain itu, memori penyimpanan nya yang besar dan prosesor yang kuat tentu membuat pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar dan nyaman. 
  • ‌15 juta keatas: dengan harga 15 juta atau lebih, anda bisa memilih berbagai laptop untuk kerja yang jauh lebih bertenaga daripada laptop dengan harga yang lebih rendah. Biasanya, laptop harga 15 juta keatas juga dilengkapi dengan desain ciamik dan elegan sehingga mampu memanjakan penggunanya. Tak hanya laptop kerja, deretan laptop gaming terbaik pun bertengger pada kisaran harga ini. Bagi anda yang suka nge-game, mungkin tips memilih laptop gaming akan berguna untuk menambah referensi. 

2. Pilih Sistem Operasi

Sistem operasi atau OS sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Ada tiga sistem operasi utama, yaitu Apple, Windows, dan Chrome OS. Ketiga Operation System ini mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Oleh karena itu, tentukan sistem operasi sebelum anda memilih laptop untuk kerja yang tepat. Berikut sedikit ulasan mengenai ketiga sistem operasi tersebut.

• Apple

Laptop yang menggunakan OS Apple terkenal dengan harga yang mahal, meskipun demikian kualitas yang akan didapatkan tentu sebanding dengan anggaran yang dikeluarkan. Asalkan anda tahu, banyak profesionalis yang memilih OS Apple karena mampu menjalankan program-program berat. 

• OS Windows 10

Jika anda ingin memilih laptop untuk kerja yang standar bisnis, maka laptop dengan OS windows 10 patut dipertimbangkan. Tidak seperti OS Apple, sistem operasi windows banyak dipakai oleh merk-merk laptop ternama. Selain itu, windows menjadi salah satu OS yang user friendly dan menawarkan banyak fitur unggulan. 

• Chrome OS

Chrome OS merupakan sistem operasi yang baru-baru ini terjun ke dunia sistem software. Saat pertama kali keluar, Chrome OS lebih diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa. Berbeda dengan sekarang, laptop ini juga cocok untuk pengusaha yang sibuk dan tidak sempat melakukan pembaruan. Hal ini dikarenakan Chrome OS dibuat untuk mengunduh dan menerapkan pembaruan secara otomatis pada penggunanya. 

3. Tentukan Desain Laptop

Tips memilih laptop untuk kerja yang tepat selanjutnya adalah dengan menentukan desain laptop yang sesuai dan nyaman dengan diri anda. Berbicara mengenai hal ini, desain laptop tak cuma-cuma mengarah kepada tampak luarnya saja. Namun, beberapa hal penting lainnya seperti jenis laptop, keyboard, tingkat mobilitas, serta dukungan layar sentuh mesti diperhitungkan. Berikut penjelasan yang lebih dalam. 

• Jenis Laptop

Jenis laptop terbagi menjadi dua, yaitu laptop hybrid dan tradisional, jenis laptop yang kedua mungkin sering anda temui bahkan anda mempunyai nya. Laptop hybrid merupakan gabungan dari tablet dan laptop, yang mana anda bisa menggunakan nya sebagai laptop maupun tablet. 

Sedangkan laptop tradisional adalah laptop yang pertama kali dikenal manusia, bentuk nya menyerupai cangkang kerang atau clamshell, memiliki engsel sebagai alat bantu buka. Inilah pentingnya mengetahui jenis laptop sebelum memilih laptop untuk kerja yang tepat dan sesuai. 

• Keyboard

Anda mungkin akan terpesona ketika melihat desain laptop mewah dan melupakan hal mendasar seperti keyboard dan mouse. Kenyamanan keyboard merupakan faktor penting, apalagi anda seorang penulis naskah atau content writer, tentu membutuhkan keyboard dengan tingkat kenyamanan tinggi agar betah berlama-lama di depan monitor. 

Oleh karena itu, anda perlu melakukan testing keyboard secara manual ketika hendak membeli laptop di pusat-pusat elektronik. 

• Tingkat Mobilitas

Tips memilih laptop untuk kerja selanjutnya adalahialah dengan memperhatikan tingkat mobilitas ataupun tingkat perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya. 

Jika anda seorang pekerja lapangan dan membutuhkan perangkat pendukung seperti laptop, mungkin ada baiknya mengorbankan ukuran layar untuk laptop yang lebih ringan. Namun, ini tidak menjadi masalah bagi anda yang kerjanya stay di kantor ataupun work from home. 

• Dukungan Layar Sentuh

Saat ini, laptop dengan layar sentuh sudah banyak beredar di pasaran. Anda mungkin harus mempunyai laptop dengan fitur ini jika memang diperlukan. Namun, jangan pilih laptop seperti ini jika hanya menurut anda tampak keren dan modern. Pasalnya, dukungan Layar sentuh akan membuat laptop semakin berat dan mengkonsumsi banyak daya baterai. 

4. Perhatikan CPU, Memori internal, dan Daya Tahan Baterai

Tips memilih laptop untuk kerja berikutnya ialah dengan mempertimbangkan penggunaan komponen seperti CPU, batas memori internal, serta mengetahui daya tahan baterai perangkat. 

Hal pertama yang harus anda periksa ketika ingin membeli sebuah laptop adalah prosesor yang digunakannya. Komponen ini sangat penting karena berkaitan dengan performa pengguna. Jenis-jenis CPU yang digunakan sangat banyak dan harga laptop juga dipengaruhi oleh komponen ini, namun tetap sesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. 

Selanjutnya, memori internal berfungsi menyimpan seluruh data-data pada sebuah perangkat. Ada berbagai kapasitas memori internal yang bisa dipilih, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan anda. Jika suatu saat anda mengalami krisis memori penyimpanan, solusi yang paling disarankan adalah dengan mengupgrade nya ke tingkat yang lebih tinggi. 

Terakhir, pastikan anda memilih laptop untuk kerja dengan kapasitas baterai yang memadai dan tahan lama. Namun jika anda menginginkan laptop dengan bobot yang lebih ringan, kapasitas baterai standar bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Akhir Kata

Demikian beberapa tips memilih laptop untuk kerja dari kami, semoga setelah ini anda bisa menentukan laptop yang tepat dengan memperhatikan beberapa poin diatas. Semoga bermanfaat. 


Referensi: 

  • https://www.businessnewsdaily.com/9003-business-laptop-buying-guide.html

 

Dijamin Berkualitas, Harga Termurah!

Yang lain udah pada checkout nih!