Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hampir Sama, Inilah Perbedaan Antara Audiophile dan Melophile

Hampir Sama, Inilah Perbedaan Antara Audiophile dan Melophile

Jika kamu berfikir bahwa audiophile dan melophile mempunyai artian yang sama, maka kamu kurang tepat. Hanya saja lebih mirip karena berhubungan dengan hal musik. Jadi apa perbedaan dari audiophile dan melophile?

Tapi sebelum itu, apakah kamu tahu apa itu phile, audiophile dan melophile? Jika belum tahu, inilah pengertiannya

Pengertian Phile

Apa itu phile? Phile atau yang kalau dibaca menjadi faiel merupakan istilah dalam psikologi yang mempunyai arti bahwa seseorang yang mempunyai kecintaan ataupun kegemaran yang lebih mendalam terhadap sesuatu. Misalkan di artikel yang akan kita bahas kali ini adalah Audiophile dan Melophile.

Macam-Macam Phile

Selain Audiophile dan Melophile, ternyata masih banyak lagi lho phile-phile lainnya, yaitu:

  • Penyuka bulan = Selenophile
  • Pecinta susasana hujan = Pluviophile
  • Penyuka Hutan = Denrophile
  • Penyuka susasana gelap = Nyctophile
  • Penggemar piringan hitam = Discophile
  • Pecinta jam arloji = Chronophile
  • Pecinta buku novel = Bibliophile
  • Dan lain-lainnya

Pengertian Audiophile

Audiophile merupakan seseorang atau orang-orang yang mempunyai antusias yang besar kepada reproduksi suara dan mempunyai ketelitian yang tinggi terhadap suara (lagu) yang dia dengarkan.

Biasanya orang-orang Audiophile akan membuat atau sedikit mengubah suara didalam musik sebaik dan sesukanya dia sendiri.

Kata Audiophile merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yaitu mendengarkan (Audio) dan bahasa Yunani yaitu kasih (philos) yang jika disimpulkan bahwa sekumpulan orang yang menggemari suara yang tinggi yang didalamnya penuh dengan penghayatan.

Orang Audiophile hobi atau kegemarannya itu yaitu mencari-cari kualitas dari sebuah audio yang cukup tinggi dan memakai beberapa komponen contohnya sebuah audio elektronik yang high-end. Juga mereka mencari kualitas terbaik dengan memperhatikan secara rinci suara yang dia dengar.

Istilah-istilah Audiophile

Sebenarnya sangat banyak istilah didalam Audiophile ini, kami akan berikan hanya sebagian kecilnya saja. Inilah beberapa istilah-istilah yang sering dipakai oleh Audiophile 

1. Blurred dan Balance

Blurred dan Balance adalah hasil dari suara yang telah didengar dan mempunyai suara yang sebentar atau singkat dan buruk.

2. Blanketed dan Airy

Blanketed dan Airy adalah hasil suara yang telah didengar dan mempunyai suara yang nadanya tinggi namun lemah dan pelan.

3. Chesty dan clear

Chesty dan clear adalah respon dari suara yang sangat kuat

4. Driver Krackling dan Fat

Driver Krackling dan Fat adalah bunyi krek atau krak dari selingan earphone saat komponen ditekan. Dan arti dari Fat yaitu penuh 

5. Boomy

Boomy adalah suara yang ketika didengar akan terdengar bass yang sangat berlebihan yang membuat resonansi yang kurang baik.

6. Bassy dan Bright

Bassy dan Bright adalah suara dari bass yang sangat menonjol namun nadanya rendah dibanding nada lain dengan frekuensi cukup tinggi. 

Bright sendiri merupakan karakter yang ada didalam suara nada yang frekuensinya tinggi.

7. Boxy

Boxy merupakan suara yang mempunyai efek seperti yang berada didalam kotak, suaranya itu berdengung dan memantul.

8. Breathy

Breathy merupakan suara pada tarikan nafas di alat musik yang ditiup. Contohnya suling, flute dan saxophone yang bertanda bahwa speaker tersebut travelnya lebih bagus.

9. Crips

Crips merupakan sebuah speaker yang mempunyai respon yang luas. Misalnya suara dari cymbal drum yang ketika didengar oleh telinga maka akan terdengar enak dan lebih jelas.

10. Colored

Colored merupakan suara yang berasal dari speaker namun tidak atau berbeda dari suara aslinya. Bisa jadi bass nya bergelombang atau kuat.

Pengertian Melophile

Melophile merupakan seseorang atau sekumpulan orang yang menyukai musik atau lagu. Ketika mereka mendengarkan lagu yang disukainya maka dia akan merasa lebih baik. Terkadang para Melophile juga memutar musik kesukaannya berkali-kali.

Ketika menemukan musik baik itu lagu India, Barat, Indonesia, yang ada didalam film, yang ada didalam anime maupun itu yang penting lagunya enak didengar, para Melophile akan segera mengunduhnya.

Melophile juga gemar mendengar lagu dimanapun itu, terkadang ada sebagian orang yang selalu membawa headphone kemanapun.

Perbedaan Antara Audiophile dan Melophile

Dari kedua pengertian diatas, dapat disimpulkan perbedaan dari orang Audiophile dan Melophile diantaranya:

  1. Melophile suka mendengarkan musik apa adanya, sedangkan Audiophile juga bisa menyukai musik tetapi akan lebih sensitif jika ada suara yang mungkin lebih rendah maupun lebih tinggi yang membuatnya tidak nyaman ketika mendengar lagu
  2. Melophile suka mendengarkan lagu di berbagai tempat sedangkan Audiophile jarang
  3. Audiophile biasanya anti terhadap earphone dan headphone murahan karena menurutnya kualitas ditentukan dari harga, sedangkan Melophile kurang mempermasalahkannya karena mereka pikir tidak apa-apa jika mempunyai earphone atau headphone yang murah, asal bisa menyala saja dan bisa mendengar musik favoritnya.

Akhir Kata

Nah jadi itulah pengertian dan perbedaan tentang Audiophile dan Melophile. Semoga kamu mengerti, jadi kamu jangan sampai salah lagi ya.