Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Sampai Ketipu! Buruan Cek Kredivo Legal Atau Ilegal Sekarang Juga

Kredivo Legal Atau Ilegal

Pertanyaan yang banyak di pertanyakan pengguna ialah apakah Kredivo legal atau ilegal. Seperti yang sama-sama kita ketahui, kredivo merupakan salah satu aplikasi pinjaman uang online yang banyak masyarakat Indonesia gunakan.

Kredivo merupakan aplikasi pinjaman uang yang banyak peminatnya di Indonesia. Aplikasi ini berada di bawah naungan PT. FinAccel Finance Indonesia. Sebagai pengguna alangkah baiknya kamu mengetahui legalitas dari sebuah perusahaan sebelum melakukan pinjaman. Karena ada beberapa hal yang menandakan sebuah aplikasi pinjaman uang tersebut legal atau ilegal.

Apakah Kredivo Legal Atau Ilegal?

Kredivo merupakan suatu perusahaan yang menyediakan pinjaman atau kredit online kepada masyarakat Indonesia. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui legalitas dari suatu perusahaan pinjaman online.

 Apa sajakah cara tersebut? Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah Kredivo legal atau ilegal.

1. Cek Legalitas Perusahaan

Untuk mengetahui apakah Kredivo itu legal atau ilegal, kamu bisa melihat dari apakah perusahaan tersebut terdaftar atau tidak. Untuk kasus aplikasi pinjaman online itu bisa dikatakan ilegal apabila diawasi langsung oleh OJK. Hal ini sesuai dengan peraturan OJK nomor 77 tahun 2016 tentang penyelenggaraan jasa layanan pinjaman meminjam berbasis teknologi informasi.

Untuk kredivo sendiri aplikasi ini tertulis pada tanda bukti terdaftar di OJK dengan nomor sura S-236 / NB 213 / 2018t sebagai PT finaccel digital. Dalam artian perusahaan pinjaman uang online ini aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

2. Lihat Ketentuan Pinjaman

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk memastikan apakah Kredivo itu ilegal atau legal ialah dengan melihat ketentuan pinjaman. Apapun jenis pinjamannya, apabila memiliki ketentuan yang masuk akal itu bisa kamu ketegorikan sebagai aplikasi legal. Namun apabila ketentuan pinjaman aplikasi itu tidak jelas bahkan berbelit-belit, bisa kamu asumsikan bahwasanya aplikasi tersebut ilegal.

Salah satu contohnya ialah kredivo. Jika kamu menggunakan kredivo untuk melakukan cicilan atau paylatter, sebelum melakukan pinjaman kamu akan diperlihatkan ketentuan tentang pembayaran pinjaman. Hal tersebut sudah cukup meyakinkan bahwasanya aplikasi tersebut legal karena memiliki sistem yang jelas.

3. Melihat Review Pengguna Lain

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk memastikan Apakah kredivo itu legal atau ilegal ialah dengan melihat pendapat orang lain.

Berpatokan pada Playstore, kredivo hingga saat sekarang ini sudah terunduh lebih dari 10 jt orang. Selain itu kredivo juga mendapatkan 2,49 juta ulasan dengan rating 4,7 bintang.

Berdasarkan prestasi yang Kredivo goreskan, bisa kamu lihat di playstore bahwasanya hal tersebut menggambarkan bahwasanya kredivo merupakan aplikasi pinjaman yang legal.

Bukan itu saja, jika kamu masih ragu tentang legalitas kredivo, kamu juga bisa melihatnya pada ulasan aplikasi yang pengguna berikan. Dari banyaknya ulasan yang ada, hanya sedikit pengguna yang memberikan kredivo bintang di bawah 5.

Hal itupun bukan karena kredivo yang melakukan penipuan, namun karena beberapa pengguna menemukan masalah pada aplikasi. Dalam artian hingga saat sekarang ini kredivo belum melakukan tindak penipu yang menandakan bahwasanya aplikasi ini memiliki aturan yang jelas.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah kredivo legal atau ilegal. Sebenarnya aplikasi yang sudah terdaftar ke OJK tidak perlu lagi kamu pertanyakan legalitasnya.

Namun sebagai pengguna, mengetahui lebih lanjut tentang sebuah aplikasi sebelum menggunakannya adalah hal wajib. Apalagi aplikasi tersebut berhubungan dengan proses pinjam meminjam dalam bentuk uang.