Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisa Online & Offline, Simak Cara Membuat File PDF di laptop Berikut

Cara membuat file pdf di laptop

Sebenarnya ada banyak cara membuat file PDF di laptop, baik menggunakan aplikasi ataupun secara online.

PDF merupakan format dokumen yang masih banyak orang gunakan hingga saat sekarang ini. Terdapat banyak alasan kenapa dokumen jenis ini masih banyak orang gunakan, salah satunya ialah karena tampilan dokumennya yang rapi.

Bukan itu saja, file yang berbentuk pdf apabila kamu kirim ke orang lain juga tidak merubah format tulisannya. Sehingga apabila melakukan pencetakan dokumen dari berbagai perangkat yang berbeda tidak terjadi pergeseran.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa file dokumen berjenis PDF masih banyak orang gunakan hingga saat sekarang ini. Lantas bagaimanakah cara membuat file dokumen berjenis PDF ini di laptop?

Bagi kamu yang tidak mengetahuinya silakan simak pembahasan berikut ini.

Cara Membuat File Jenis PDF Di Laptop

Pada laptop sendiri sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat file berjenis PDF. Cara tersebut bisa kamu manfaatkan secara online maupun offline menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia pada umumnya. Untuk lebih jelasnya berikut tata cara membuat file PDF di laptop.

1. Memanfaatkan Microsoft Word

Umumnya setiap laptop pasti memiliki software yang bernama Microsoft Word ini. Ini merupakan software pengolah kata yang banyak masyarakat Indonesia gunakan pada saat sekarang. Software ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat file berjenis PDF di laptop. Berikut langkah-langkah pembuatan file berjenis PDF menggunakan software Microsoft Word di laptop.

  1. Buka terlebih dahulu software Microsoft Word yang sudah tersedia di laptop yang akan kamu gunakan. Kamu bebas menggunakan Microsoft Word versi berapa saja.
  2. Buka dokumen yang ingin kamu jadikan PDF. Kamu bisa menggunakan dokumen baru atau membuka dokumen yang sudah ada sebelumnya.
  3. Klik tab menu dan pilih save as. Pada langkah ini kamu akan melakukan penyimpanan dokumen.
  4. Cari lokasi di mana dokumen itu akan kamu simpan. Alangkah baiknya cari lokasi yang mudah kamu temukan agar tidak kesulitan ketika mencarinya kembali.
  5. Ketika membuat nama file saat penyimpanan gantilah save as type menjadi PDF. Dengan demikian dokumen yang kamu simpan tersebut akan berformat PDF.

Selain menggunakan Microsoft Word, kamu juga bisa menggunakan software serupa untuk membuat file PDF di laptop. Cara pembuatannya pun biasanya cenderung sama.

2. Menggunakan Website Online

Selain menggunakan software tertentu, kamu juga bisa membuat file berjenis PDF secara online. Akan tetapi untuk menggunakan langkah ini, tentunya kamu harus terhubung terlebih dahulu ke jaringan internet. Lalu bagaimanakah cara membuat file jenis PDF secara online di laptop? Silakan simak penjelasan berikut ini.

  1. Pastikan laptop yang kamu gunakan sudah terkoneksi jaringan internet dengan stabil.
  2. Buka website PDF converter pada browser. Kamu boleh menggunakan website mana saja, namun pada langkah ini kamu bisa membuka website ilovepdf. Akan tetapi jika kamu menggunakan website lain juga bisa, karena pada dasarnya cara setiap website itu cenderung sama.
  3. Dalam website ilovepdf tersebut, silakan kamu pilih tugas yang akan kamu lakukan. Karena pada langkah ini kita akan membuat file jenis dokumen berjenis PDF, maka pilihlah menu “Word to PDF.”
  4. Langkah selanjutnya silakan kamu pilih file yang akan kamu jadikan PDF tersebut.
  5. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu hingga proses convert dokumen tersebut selesai. Jika sudah silakan lakukan download dokumen, maka dokumen yang kamu pilih tadi sudah menjadi PDF.

Kelemahan dari cara kedua ini ialah kamu harus terhubung dengan jaringan internet. Jika tidak maka langkah yang ini tidak bisa kamu lakukan sama sekali. Selain itu jika kondisi jaringanmu tidak stabil, biasanya dokumen yang berukuran besar cenderung gagal.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat file PDF di laptop. Pada dasarnya cara pembuatan file PDF itu sangatlah mudah dan sangat banyak sekali aplikasi dan situs yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu menginginkan file ini dapat lebih aman, cobalah untuk membuat file PDF tidak bisa dicopy paste. Dengan ini, kemungkinan plagiasi konten dokumen sangatlah kecil.