Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Langkah Mudah Membuat File PDF Tidak Bisa di Copy Paste, Aman Pastinya

Membuat file pdf tidak bisa di copy paste

Bagi kamu yang suka mengirim tugas ke orang lain, sebenarnya ada cara untuk membuat file PDF tidak bisa di copy paste. Apalagi tugas yang harus dikirimkan melalui grup umum, kemungkinan menghindari plagiasi sangatlah kecil. 

Pada zaman sekarang ini copy paste merupakan suatu hal yang wajar dan marak banyak orang lakukan. Akan tetapi sebagai pemilik file tentunya kamu akan merasa kesal apabila mengetahui karyamu di copy paste oleh orang lain.

Oleh sebab itu untuk menghindari hal tersebut kamu harus membuat file PDF tersebut tidak bisa di copy paste. Bagaimanakah caranya? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

2 Cara Membuat File PDF Tidak Bisa di Copy Paste

Hal ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah, tinggal sat set sat set, sudah jadi. Pastikan kamu menyimak nya dengan seksama ya. 

1. Menggunakan PDF 2 Go

Tools pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat file PDF tidak bisa di copy paste ialah menggunakan PDF 2 Go. Ini merupakan tools online yang bisa kamu gunakan di mana saja asalkan ada akses internet. Untuk cara-caranya silakan ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silakan kamu buka terlebih dahulu browser yang ada di laptop atau smartphone yang akan kamu gunakan.
  2. Selanjutnya silakan kamu masukkan link pdf2go.com di bar pencarian.
  3. Pada halaman awal, silakan kamu cari menu protect PDF.
  4. Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman untuk memilih file PDF yang akan di protect.
  5. Silakan klik tab “Choose File” Memilih dan mencari file PDF yang akan kamu protek.
  6. Tunggulah hingga proses upload selesai. Setelah proses upload selesai, silakan kamu scroll ke bawah hingga menemukan menu “set password to restrict permission.”
  7. Pada bagian tersebut silakan kamu centang “prevent copying and prevent modifying”. Barulah di sana kamu masukkan password sebanyak 2 kali.
  8. Jika kamu ingin membuat teks pada file PDF tersebut tidak bisa diselect, kamu bisa mencetak pada bagian “Enable Rasterize.”
  9. Jika semuanya sudah selesai, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengklik tombol “start” yang ada di bagian bawah.
  10. Langkah terakhir silakan tunggu hingga proses selesai. Jika sudah maka file PDF yang kamu pilih tadi sudah terprotek dan tidak bisa di copy paste lagi.

Walaupun file PDF tersebut sudah terprotek dan tidak bisa di copy paste. Namun sebagai pemilik kamu tetap bisa membukanya dengan memasukkan password yang sudah dibuat tadi.

2. Menggunakan Aplikasi PDF X-Change Viewer

Jika pada cara pertama kamu menggunakan cara online yang harus menggunakan jaringan data. Cara kedua ini cukup menggunakan aplikasi dan bisa kamu jalankan secara offline.

Aplikasi yang akan kita gunakan pada cara kedua ini bernama PDF X-Change Viewer. Aplikasi ini hanya bisa kamu jalankan di perangkat komputer atau laptop. Bagaimanakah caranya? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah membuka terlebih dahulu aplikasi PDF X-Change Viewer. Apabila belum memilikinya silakan kamu download terlebih dahulu dan install di komputer atau laptop yang akan kamu gunakan.
  2. Jika sudah, langkah selanjutnya silakan buka file PDF yang ingin kamu buat untuk tidak bisa di copy paste oleh orang lain.
  3. Selanjutnya silakan buka “dokumen properti” dengan cara mengklik file atau menekan shortcut control + D pada keyboard.
  4. Pada menu document properties tersebut silakan kamu masuk ke tab security. Pada tab security tersebut silakan ubah security methodnya menjadi “password security.”
  5. Setelah itu silakan kamu centang pada bagian “require a password to change permission for the document.” Setelah itu silakan masukkan password untuk PDF tersebut sebanyak 2 kali.
  6. Sebelum menekan “OK,” pastikan terlebih dahulu centang pada bagian “enable copying of text, image and other content” sudah tidak aktif. Selain itu pastikan juga “printing allowed and changing allowed” dalam keadaan not allowed.
  7. Jika sudah langkah selanjutnya barulah kamu klik OK.
Akhir Kata

Itulah 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat file PDF tidak bisa di copy paste oleh orang lain. Pada dasarnya kedua cara di atas sama-sama mudah dan sama-sama simpel dalam penggunaan. Hanya saja salah satu cara harus menggunakan koneksi internet dan cara yang satunya lagi bisa tanpa koneksi internet.