Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Duta Sadar Hukum : Kumpulan Materi dan Contoh Soal (Pertanyaan)

Duta Sadar Hukum : Kumpulan Materi dan Contoh Soal (Pertanyaan)

Apakah kamu duta sadar hukum yang mewakili sekolah mu di tingkat kabupaten? Atau bahkan di tingkat provinsi dan nasional? Cuma mau bilang, semangat ya, xixixixi. Pasangan duta sadar hukum dipilih dari seluruh sekolah di Indonesia. Nantinya, pasangan duta akan diseleksi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional. 

Lomba duta sadar hukum hampir sama dengan cerdas cermat. Kamu akan disodorkan lembaran kertas yang memuat ratusan soal, dan ini harus dihafal. Namun, proses berlangsungnya seleksi jauh lebih formal dan dihadiri oleh pejabat-pejabat kejaksaan daerah setempat.

Namun, metode pelaksanaan seleksi duta sadar hukum di tiap-tiap daerah juga berbeda. Ada yang menyelenggarakan lomba cerdas cermat untuk menguji kemampuan peserta, ada juga metode pemaparan materi disertai beberapa pertanyaan yang akan dilontarkan ke peserta duta. 

Nah, agar kamu bisa memaksimalkan kemampuan penguasaan materi dan penyampaiannya di hari lomba nanti, berikut sudah admin siapkan materi-materi berkenaan dengan sadar hukum. Terdapat juga visi misi dan contoh soal atau pertanyaan yang bisa kamu pelajari, semangat belajarnya. 

Materi Perlombaan Duta Sadar Hukum

Ada banyak materi yang harus kamu kuasai untuk dapat menjuarai perlombaan duta sadar hukum. Mulai dari pengenalan apa itu sadar hukum, undang-undang dasar dan pasal-pasalnya, narkotika, dan beberapa materi lainnya. 

Namun, kamu tidak harus menghafal semua materi itu loh. Apalagi waktu yang diberikan untuk menghafal materi ini juga sangat singkat. Kamu cukup memahami dan yakinlah bisa menjawab pertanyaan dari juri nanti. Simak beberapa materi perlombaan duta sadar hukum berikut ini: 

1. Apa Itu Sadar Hukum? 

Materi pertama yang harus kamu kuasai ialah pengertian dari sadar hukum. Biasanya, ada sesi khusus yang diberikan kepada peserta untuk menyampaikan secara singkat mengenai apa itu sadar hukum. Kamu juga bisa menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan agar kesadaran hukum di masyarakat bisa terus meningkat. 

Sadar hukum dapat diartikan sebagai bentuk kesadaran yang harus dimiliki oleh seorang individu serta kelompok masyarakat terhadap aturan, hukum, dan norma-norma yang berlaku. Kesadaran akan hukum sangat diperlukan agar ham atau hak asasi manusia bisa terlaksana sebagai mestinya. 

2. Hak Asasi Manusia (Ham)

Tahun lalu, saya pernah mengikuti seleksi lomba duta sadar hukum tingkat kabupaten. Dan materi yang paling banyak diperlombakan ialah mengenai ham. Kamu tentu harus mengetahui pengertian dari ham, faktor-faktor pendorong dan penghambat ham, dasar hukum ham, upaya penegakan HAM, dan masih banyak lainnya. 

Selain itu, sejarah perkembangan ham baik di skala nasional maupun internasional juga harus kamu kuasai. Salah satu tokoh pencetus ham dari luar Indonesia adalah seorang filsuf Yunani, yaitu John Locke. Sedangkan tokoh dari Indonesia adalah Raden Adjeng Kartini. 

Materi penting lainnya yang sering ditanyakan adalah prinsip ham. Ada banyak prinsip yang terdapat pada hak asasi manusia, dan kamu bisa mencoba untuk mengingat semuanya. 

Pengertian dari ham, faktor-faktor nya, upaya penegakan nya, dll tentu bisa kamu searching sendiri lewat internet. Berikut admin hanya membagikan dasar hukum HAM yang ada di Indonesia. 

  • ‌UUD Republik Indonesia 1945 (Pasal 27-34, BAB XA, Pasal 28 A-J
  • ‌TAP MPR RI No: II/MPR/1993 tentang GBHN
  • ‌TAP MPR RI No: XVII/MPR 1998 tentang HAM
  • ‌UU RI No.5 Tahun 1998
  • ‌UU RI No.39 Tahun 1999
  • ‌UU RI No. 26 Tahun 2000
  • ‌UU RI No 11 & 12 Tahun 2005
  • ‌Keppres RI No.61 Tahun 2003
  • ‌Keppres RI No.181 Tahun 1998
  • ‌Instruksi Presiden RI No.126 Tahun 1998
  • ‌Deklarasi Universal HAM, tanggal 10 Desember 1945
  • ‌Deklarasi dan Program Aksi Wina Tahun 1993

Selain beberapa dasar hukum diatas, masih banyak dasar hukum HAM lainnya yang belum kami rangkum dan sertakan. 

3. Kejaksaan

Perlombaan duta sadar hukum tentu sangat dekat dengan yang namanya kejaksaan. Pasalnya, lomba ini di adakan oleh pihak kajari (kejaksaan negeri) di tingkat kabupaten, kajati (kejaksaan tinggi) di tingkat provinsi, dan kajagung (kejaksaan agung) di tingkat nasional. 

Materi-materi yang mesti kamu kuasai mengenai kejaksaan yaitu pengertian kejaksaan, landasan dan dasar hukum kejaksaan, motto sekaligus doktrin kejaksaan, serta susunan kejaksaan. Ada juga materi penting lainnya seperti penuntutan, apa itu jaksa agung, jabatan fungsional, dan penuntut umum. 

Semua materi mengenai kejaksaan tersebut tentu belum pasti masuk ke deretan pertanyaan seleksi duta sadar hukum di daerah kamu. Mungkin saja ada soal-soal khusus yang akan dibagikan oleh panitia kepada peserta. Dan ini hanya berlaku pada metode seleksi yang menggunakan mekanisme cerdas cermat. 

Jika pihak panitia mengharuskan peserta untuk melakukan presentasi, alangkah baiknya kamu mengetahui semua materi diatas. 

4. KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme)

Materi perlombaan duta sadar hukum selanjutnya adalah korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kamu harus mengetahui pengertian dari ketiga istilah ini, penyebab terjadinya, serta dampaknya pada bidang politik dan ekonomi. Undang-undang mengenai ketiga istilah tersebut juga sering ditanyakan, jadi pastikan kamu mengingat beberapa peraturan perundang-undangan berikut. 

  • ‌UU No 28 Tahun 2009
  • ‌UU No 30 Tahun 2002 
  • ‌UU No 31 Tahun 1999
  • ‌UU No 3 Tahun 1971
  • ‌Dll

5. Wawasan Umum

Peserta duta sadar hukum juga akan di tes kemampuan nya dalam hal wawasan umum. Akan ada banyak pertanyaan yang dilontarkan, dan topiknya pun bervariasi. Contoh pertama materi nya adalah pengetahuan geografi, seperti benua terluas di dunia (Samudera Pasifik), negara paling kecil (Vatikan), dan masih banyak lainnya. 

Tak hanya itu, UUD dan UU negara ini juga harus kamu kuasai, karena materi ini pun sering ditanyakan. Agar lebih mudah dalam menghafalnya, lebih baik kamu mengetahui lebih dulu materi yang akan diperlombakan, lalu carilah UUd dan UU mengenai materi tersebut. 

Panitia perlombaan duta sadar hukum juga sering menanyakan peserta mengenai UU ITE (informasi transaksi elektronik). Contoh pengaplikasian UU ITE adalah ketika terdapat penghinaan keras terhadap seseorang melalui media sosial atau internet. 

Contoh Soal Perlombaan Duta Sadar Hukum

Berikut beberapa contoh soal yang mungkin ditanyakan nantinya ketika kamu mengikuti seleksi duta sadar hukum. Kamu bisa mengunduh nya secara gratis dan membagikan ke teman yang lain. Klik tulisan yang berwarna biru di bawah, ya. 

  1. 200++ soal perlombaan duta sadar hukum kabupaten Pidie, provinsi Aceh
  2. Soal seleksi duta sadar hukum tahun 2021 di kabupaten Pidie, provinsi Aceh

Akhir Kata

Nah, itulah sedikit materi dan contoh soal yang bisa kamu pelajari. Mohon maaf atas kekurangan yang tentu tidak bisa memuaskan, semangat belajarnya bagi peserta duta sadar hukum di seluruh Indonesia.


Referensi: 

  • https://www.hukumonline.com/berita/a/landasan-hukum-hak-asasi-manusia-lt620f611b0074c?page=all
  • Soal-soal seleksi perlombaan duta sadar hukum di kabupaten Pidie, Provinsi Aceh
  • https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/45345/uu-no-28-tahun-1999#:~:text=UU%20No.%2028%20Tahun%201999,dan%20Nepotisme%20%5BJDIH%20BPK%20RI%5D