Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Cara Menentukan Nama Domain Yang Baik dan Benar Untuk Website, Jangan Ngasal!

Cara menentukan nama domain untuk website

Mungkin, pertanyaan seperti bagaimana cara menentukan nama domain itu sudah terlalu mainstrem. Tapi, kamu tau tidak? Kalau nama domain yang bagus itu, bisa menjamin perkembangan website kamu sebesar 50% loh. 

Nggak percaya? Yuk simak penjelasan singkat tentang domain, yang akan saya rangkum dalam artikel berikut, pastikan kamu menerapkan nya, ya. 

Apa itu Domain?

Yang pertama, sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menentukan dama domain. Ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu, apa itu domain. Domain adalah, alamat yang digunakan untuk membuka atau mengakses sebuah website.

Jadi, jika dikatakan domain itu tidak penting sama sekali. Itu sungguh sebuah pernyataan yang sangat salah. Karena domain berfungsi untuk menunjukan ekstensi bisnis dan website kita, jika domain dipilih dengan cara yang sembarangan. Maka sudah jaminan website kamu akan mudah tenggelam dengan website lainya yang memiliki domain yang lebih bagus.

Kriteria Domain Yang Menarik

Buat kamu yang masih bingung dan penasaran, contoh domain yang bagus itu seperti apa? Dan contoh domain yang bagus, menurut saya pribadi adalah terdiri dari beberapa hal, yaitu :

1. Kemudahan Diingat

Domain yang mudah di ingat, otomatis memiliki frasa atau kata yang mudah dibaca. Tidak terlalu sulit untuk di ucapkan dan memiliki kata yang mudah dilafalkan, serta mudah diingat di pikiran pembaca. 

Sebagai contoh, saya ingin membuat website dengan fitur yang bisa menjembatani orang-orang untuk bertransaksi jual beli domain, Jual Beli backlink dan juga jasa penulis artikel. Tapi, fokus produk yang saya utamakan adalah domain. 

Pertama yang saya pikirkan adalah, kepanjangan dari domain yang ingin saya buat. Seperti yang saya sampaikan tadi, bahwa saya ingin membuat website yang menjembatani orang-orang untuk bertransaksi jual beli domain dan lainnya. 

Lalu, nama domain yang terpikirkan oleh saya waktu itu adalah Titip Jual Domain. Setelah kepanjangan dari domain sudah saya temukan, selanjutnya saya harus membuat nama itu menjadi lebih pendek. 

Dari semua pilihan yang saya buat untuk menyingkat nama domain itu, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan nama domain Tijudo.com

Domain Tijudo.com sudah memenuhi banyak syarat, untuk dikatakan domain yang bagus. Karena memiliki keunikan dari segi nama, pendek, brandable dan juga muda diingat.

2. Brandable

Domain yang bagus juga harus memenuhi syarat untuk dikatakan brandable, apa itu brandable? Brandable sebenarnya hanya karangan saya sendiri. Yang berarti memiliki nilai untuk dijadikan sebuah brand atau nama semua produk atau juga perusahaan.

Apa aja syaratnya untuk bisa dikatakan sebuah domain itu brandable? Syaratnya cukup mudah, hanya pastikan domain yang kamu buat, adalah domain yang unik, pendek dan tidak digunakan oleh orang lain. Maka domain kamu merupakan domain yang brandable.

Kenapa domain brandable penting? Karena domain yang Brandable memiliki nilai yang tinggi, baik dari sisi mata mesin pencari maupun visitor bahkan pelanggan. Apalagi untuk kamu yang membuat website untuk keperluan marketing dan memasarkan produk, menggunakan domain yang brandable itu sangat penting.

Contoh domain yang brandable, adalah domain yang tidak memasukan deskripsi tertentu tentang website atau produk yang dijual. Walaupun ada beberapa yang memang memiliki kata yang memiliki deskripsi, namun kebanyakan domain yang brandable, tidak memiliki deskripsi kata. Seperti misalnya, Google.com Yahoo.com Blibli.com dan beberapa domain brandable yang sudah terkenal dimana-mana.

Untuk kita yang sudah mengetahui beberapa domain diatas, pasti sudah tau produk atau jasa apa yang mereka tawarkan. Tapi untuk orang-orang awam, atau orang-orang yang tidak terlalu mengenal domain tersebut. Pasti tidak akan tau, domain itu melayani atau menjual produk apa.

Intinya, domain branable itu tidak memiliki deskripsi khusus untuk menjelaskan isi websitenya. Walaupun tidak jarang ada domain brandable yang memiliki deskripsi kata, seperti tokopedia, bukalapak dan shopee.

3. Pendek

Selanjutnya, syarat domain memiliki kualitas yang bagus adalah domain yang hanya memiliki beberapa kata saja, minimal dua kata dan atau maksimal 6 kata. Kenapa? Karena domain yang pendek, akan lebih di ingat oleh orang-orang.  

Bayangkan jika domain kamu panjang seperti www.jualtomatsegarlangsungdaripasar.com, tentu rasio kembali nya pengunjung ke website mu sangatlah kecil. Tidak laik dikarenakan nama domain yang panjang dan susah diketik. 

Contoh domain yang pendek, bisa kamu lihat pada contoh website ini, yaitu banghabibi.com dan beberpa website lainnya yang memang memiliki nama domain yang pendek, seperti twitter, facebook, github dan lain-lainnya.

4. Mengandung Keyword

Yang terakhir, dan yang paling bontot adalah domain yang mengandung keyword. Kenapa saya meletakan domain ini dipaling akhir? Karena sebenarnya domain yang mengandung keyword tidak terlalu penting.

Mungkin ada yang membantah, dengan mengatakan bahwa itu adalah hal yang penting untuk optimasi SEO. Jawaban saya adalah, optimasi SEO itu bisa dilakukan dimana saja. tidak melulu mengorbankan domain. Untuk optimasi SEO, kamu bisa menggunakan komponen yang bisa di tambah dan di edit sesuka hati, seperti backlink, alt image, permalink dan lain-lainnya.

Sebagai catatan, saya tidak mengatakan bahwa domain yang mengandung keyword itu buruk. Malah saya memasukan domain yang mengandung keyword dalam kategori domain yang bagus. Tapi, bagus dalam apa, kalian harus paham juga.

Domain yang mengandung keyword, biasanya bagus untuk optimasi SEO money site. Alias dijadikan tier untuk memajukan dan mendukung money site atau website utama. 

Akhir Kata

Jadi, sampai sini paham? Oke, sekian artikel dari saya tentang, Bagaimana cara menentukan nama domain. Semoga bisa membantu kamu yah!


Kontributor : Tijudo.com